Life, Passion and Music

dr. Haryo Bismantara, MPH

dr. Haryo Bismantara, MPH

Asisten Ketua Minat MMR

Mulai mempelajari gitar akustik semenjak kelas 2 SMP, kemudian beralih ke drum semenjak kelas 3 SMP. Saat SMA, mulai lebih “serius” bermusik sebagai drummer di Naiya Band, salah satu band indie lokal di Jember. Naiya Band sudah menghasilkan lima lagu sendiri dan salah satu lagunya yang berjudul “Lagu Paling Indah” pernah mendapatkan #1 chart band indie di salah satu radio swasta di Jember.

Memasuki masa kuliah, menjadi anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PSM UGM) mengisi suara bass. Beberapa prestasi terkait keanggotaan di PSM UGM adalah 5th winner of college choir USM Semarang in college/general category, 3th winner of college choir USM Semarang folklore category, dan Silver Medal of ITB International Choir Competition (IICC) folklore category di Bandung. Selain itu, aktif sebagai musisi kampus (multi-instrumen) di Fakultas Kedokteran UGM dan sering mengisi sebagai penyanyi di beberapa café di DI Yogyakarta dan menjadi performer tetap Jazz Night Fakultas Kedokteran UGM.

Memandang bahwa musik bisa menjadi salah satu media untuk membangun social awareness, pada tahun 2014, bergabung dalam kampanye #UntukPapua, sebuah upaya penggalangan buku dalam bentuk mini concert dari café ke café. Melalui pergerakan tersebut, diperoleh lebih dari 100 buku yang kemudian disumbangkan ke rumah ajar Kampung Manyaifun di Kabupaten Raja Ampat.

Aktif pula sebagai pencipta lagu. Saat ini kurang lebih sudah terdapat 10 lagu yang direkam, baik secara profesional maupun non-profesional, yang diperdengarkan ke khalayak melalui media Soundcloud. Salah satu lagu yang diciptakan, yaitu “Manyaifun (Ku Rindu)”, pernah beberapa kali mengudara di salah satu radio swasta di Yogyakarta.

Tidak hanya di bidang bermusik, tapi juga di bidang keorganisasian. Hal ini dibuktikan dengan ditugaskannya menjadi Ketua Medical Music Community (MMC) Fakultas Kedokteran UGM pada tahun 2012. Beberapa kali dipercaya sebagai pengelola event di tingkat kampus, di antaranya sebagai stage manager Dies Natalies FK UGM ke-70 di Grha Sabha Pramana UGM, stage manager beberapa event konser di Fakultas Kedokteran UGM, serta sebagai Wakil Ketua I Medical Charity Night 2016 dengan menghadirkan Tulus, Shena X-Factor, dan Lilo Kla Project.

Saat ini aktif memainkan berbagai macam alat musik, di antaranya gitar, ukulele, keyboard, bass, drum, dan biola.