Piano Forte

Hotman Christinus

Hotman Christinus adalah alumnus dari FK UGM, lulus pendidikan dokter tahun 2014, dan dilantik sebagai dokter tahun 2016. Hotman lahir dan besar dari keluarga musik, dengan ayah sebagai dosen mayor biola dan ibu sebagai dosen mayor piano di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Mulai belajar biola pada tahun 1995 (saat usia 4 tahun) di bawah bimbingan Kristiyanto Christinus (ayah kandung). Pernah juga belajar biola beberapa kali dengan Bagus Wiswakarma ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta.

Mulai tampil sebagai solis saat usia 6 tahun dalam home concert di Yogyakarta. Pada usia yang sama, bermain solo biola di auditorium ISI Yogyakarta pada acara “Konser Anak” dengan bermain “Concerto in A minor” bagian pertama karya A. Vivaldi. Pernah tampil sebagai pemain tamu dalam sebuah konser salah satu sekolah musik di Semarang saat usia 10 tahun. Sering mengisi acara dengan bermain biola saat diadakan acara-acara musik di sekolah. Ketika usia 5 tahun, bergabung dalam Ansambel “Amay” sebagai biola 1, yang sekarang menjadi “AMARI”.

Saat duduk di bangku kuliah, aktif bermain biola dalam beberapa kegiatan di PMKK FK UGM dan juga pernah bermain dalam acara Olimpiart FK UGM. Rutin bermain biola sebagai solis dalam acara Classical Night FK UGM mulai tahun 2013 dengan bermain “Preludium and Allegro” karya F. Kreisler, tahun 2014 memainkan “Introduction and Rondo Capriciosso” karya Saint Saens, tahun 2015 memainkan karya Nathan Milstein dengan judul “Paganiniana”, bulan Mei 2016 memainkan “Violin concerto no.2 in B minor, 3rd movement” karya dari Nicollo Paganini, tahun 2017 memainkan “Polonaise de Concert no.1 op.4” karya Wieniawski, dan terakhir tahun 2018 memainkan karya dari Sarasate dengan judul “Introduction and Tarantella”. Pada tahun 2014 dan 2015, mengikuti konser dengan bermain biola bersama dengan pianis dari Belgia yaitu Prof. Jeff van den Ende.

Pada tahun 2014, pernah mengikuti kompetisi biola sebagai finalis pada “the 1st Semarang Open Violin Competition” kategori E (dewasa) dengan memainkan lagu pilihan “Introduction and Rondo Capriciosso” karya Saint Saens dan “Violin concerto in D minor, op.47” bagian pertama karya dari Jean Sibelius. Pernah mengikuti masterclass oleh Dr. Ayke Agus sebagai peserta aktif pada bulan November 2015. Sebagai peserta pasif pada masterclass oleh Bagus Wiswakarma dari USA pada tahun yang sama, dan oleh Mayya Musaeva dari Rusia pada tahun 2016.

Selain sebagai solis, aktif sebagai pemain orkes dalam Medical Chamber Orchestra (MCO) sebagai biola 1. Selain itu juga bergabung dalam Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) pada tahun 2014. Terakhir bermain sebagai pemain orkes dalam acara konser amal “Life, Passion & Music” bersama Prof Adi Utarini di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada bulan Mei 2018.

Please Login to Comment.