Artikel Umum

Pengembangan Tempat Singgah Pasien Kanker (Sasana Marsudi Husada)

  1. LATAR BELAKANG
    • Penyakit Kanker dan Pengobatannya

      Penyakit kanker merupakan penyakit yang menimbulkan dampak sosial, ekonomi, psikologi dan spiritual yang cukup berarti.  Pengobatan penyakit kanker dapat berupa pembedahan, kemoterapi, radioterapi dan lain sebagainya, sehingga memerlukan waktu pengobatan yang panjang.  Pengobatan penyakit kanker sangat mahal, namun untuk peserta asuransi atau BPJS Kesehatan, biaya dapat ditanggulangi. Pengobatan penyakit kanker biasanya  dilakukan berkali – kali di rumah sakit, sehingga pasien memerlukan biaya tambahan untuk transportasi. Biaya ini akan bertambah lagi apabila pasien datang dari luar kota, karena memerlukan  biaya penginapan serta biaya hidup pasien dan pendampingnya selama di Yogyakarta.

    • Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito dan Tempat Singgah Pasien Kanker

      Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito memberikan pelayanan kepada pasien kanker tidak hanya dari wilayah Yogyakarta saja, namun pasien yang datang dari berbagai kota yang lain termasuk dari luar Jawa.  Karena pengobatan kanker makan waktu cukup lama dan berkali-kali, sehingga pasien dari luar kota yang berobat di rumah sakit ini  memerlukan tempat penginapan atau “ tempat singgah ”. Bagi masyarakat mampu, dapat menginap di hotel, namun bagi masyarakat kurang mampu, perlu penyediaan tempat singgah yang dekat dengan rumah sakit Dr Sardjito,   yang murah, aman, bersih dan nyaman.

      Dengan adanya ” International Cancer Center (ICC) ” di lingkungan RSUP Dr Sardjito, maka akan terjadi peningkatan jumlah pasien kanker yang akan mengakibatkan peningkatan kebutuhan tempat singgah  tersebut.

    • Peran Yayasan Kanker Indonesia Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta

      Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi non profit yang selama ini membantu pemerintah dalam penanggulangan kanker yang berdiri sejak tahun 1977. Visi YKI adalah ” Masyarakat Peduli Kanker ” dan misi YKI adalah melakukan upaya promosi, preventif dan supportif. Salah satu upaya supportif yang dilakukan oleh YKI Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (YKI DIY) adalah menyediakan tempat singgah bagi pasien kanker yang tak mampu, yang berobat ke rumah sakit beserta keluarganya yang dikenal dengan nama ” Sasana Marsudi Husada (SMH) ”. Selama ini SMH YKI DIY dapat melayani pasien kanker sebanyak 13 orang terdiri dari    3 kamar untuk masing – masing 1 pasien, 1 kamar untuk 4 pasien dewasa, 1 kamar untuk 4 pasien anak serta 2  kamar isolasi masing – masing untuk 1 pasien,. Tarif kamar yang sangat murah, menyebabkan kamar-kamar selalu penuh dihuni pasien kanker. Apabila pasien tidak mampu, dibebaskan dari pembiayaan. Keluarga pasien memasak sendiri agar dapat sesuai selera, namun YKI DIY menyediakan peralatan dapur dan gas. Dengan adanya      ” International Cancer Center (ICC) ” maka diprediksi kebutuhan akan tempat singgah bagi pasien kanker akan meningkat. Oleh karena itu tempat singgah YKI DIY perlu dikembangkan agar dapat menampung kebutuhan pasien. Untuk kantor, tempat singgah serta tempat pertemuan menempati lahan seluas 1.024 m2. Lahan kosong YKI DIY masih seluas 6.813 m2, yang sangat memungkinkan dibangunnya kamar – kamar tambahan untuk tempat singgah.

      Disamping menyediakan tempat singgah, YKI DIY juga mempunyai relawan relawan yang telah dilatih untuk mendampingi pasien kanker, baik di tempat singgah, di rumah sakit maupun dirumah pasien.

  2. TUJUAN
    • Tujuan Umum :

      Membantu pasien kanker dan keluarganya yang membutuhkan tempat singgah yang dekat RSUP Dr. Sardjito dan ” International Cancer Center (ICC) ” dengan aman, bersih dan nyaman dengan tarif terjangkau.

    • Tujuan Khusus :

      Terbangunnya penambahan jumlah kamar tempat singgah pasien kanker yang murah, aman, bersih dan nyaman dengan tarif  terjangkau.

  3. RENCANA ANGGARAN BIAYA (REKAPITULASI)
    Terlampir
  4. DRAFT GAMBAR GEDUNG (DENAH DAN TAMPAK)
    Pembangunan gedung ini memberikan tambahan kamar yang dapat menampung 32 pasien kanker.
    Terlampir
  5. PENGUMPULAN DANA
    1. Pengumpulan dana dilakukan dengan mengajukan proposal kepada :
    2. Donatur / masyarakat yang terpanggil untuk kemanusiaan khususnya membantu penderita kanker
    3. Pemerintah Daerah DIY
    4. dan lain – lain
    5. Dana dapat dikirimkan ke rekening :
      Bank Rakyat Indonesia KCP UGM
      Nomor Rekening  :  2164-01-000124-30-1
      Atas Nama             :  Yayasan Kanker Indonesia Wilayah DIY
    6. Kontak Person :
      1. Hj. Dyah Suminar Zudianto, SE HP. 0811 250 031
      2. Ir. Retnowati Iskandar, MSc 0811 252 636

 

LOKASI
Yayasan Kanker Indonesia Cabang D.I. Yogyakarta

 

Rencana Pengembangan

Please Login to Comment.