Past Events

Konser Duo Piano

Tigadika production telah menyelenggaran konser ke #9, Konser Duo Piano di Auditorium Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Sabtu 12 Oktober 2019. Konser mempersembahkan format yang jarang, kolaborasi Prof Adi Utarini dan Ibu Ike Kusumawati.

Kedua pianis itu memiliki latar belakang berbeda. Prof. Adi Utarini adalah seorang akademisi, sedangkan Ike Kusumawati adalah alumni ISI, musisi profesional yang aktif dalam pendidikan musik. Keduanya dipersatukan oleh Ellen Mulyosantoso, yang merupakan guru, pembimbing, sekaligus sosok “ibu” bagi mereka.

Dengan dua piano dan dua partitur berbeda, kedua pianis memainkan part atau bagiannya masing-masing dalam waktu bersamaan. Konsep ini terbilang masih cukup jarang ditampilkan, khususnya di Yogyakarta. Pianis tidak hanya dituntut memiliki keterampilan yang tinggi, akan tetapi juga harus memiliki kemampuan komunikasi musikal yang baik.

Konser menampilkan berbagai repertoar dari komposer era klasik hingga moderen seperti Wolfgang Amadeus Mozart (Sonata for Two Pianis in D Major K 448), Darius Milhaud (Scaramouche) serta karya komposer Indonesia Amir Pasaribu yang diaransemen oleh Iravati Sudiarso (Capung Kecimpung di Cikapundung dan Ole-ole Meloyo-loyo). Selain itu konser ini juga menampilkan repertoar karya anak bangsa Alfian Emir Adytia ((Spelen!) dan Nacht Gesang) dalam format 2 cello dan piano, yang dibawakan oleh Alfian Emir Adytia, Dinda Putri Pertiwi, dan Yosia Elnino. Untuk lebih membangun atmosfir ‘classic’ dalam acara ini, sambil menunggu open gate di lobi, penonton disuguhi pra-konser oleh Ansambel Virtuoso Music Course membawakan Bangun Pemudi Pemuda dan Cublak-cublak Suweng serta Himasik Wind Orchestra membawakan Pavane, Op.50 dan Swan Lake, Small Swans dan Dance.

Selain suguhan konser Tigadika production bekerjasama dengan FK-KMK UGM dan FBS-UNY, pada kesempatan tersebut juga dirilis sebuah buku dengan judul “Duo Piano”. Buku dibagikan kepada para penonton konser. Buku berisi latar belakang konser tersebut, sekaligus pengetahuan secara mendalam tentang konsep duo piano kepada para pecinta musik.

Konser disaksikan oleh lebih dari 250 penonton yang hadir langsung dan penonton live streaming yang berasal dari 8 kota di Indonesia dan 6 negara (Amerika, Belgia, Belanda, Vietnam, Taiwan, dan Australia).

Trimakasih kepada para sponsor (Radio Kopi Gombong, kafe Silol, BNI, BPD DIY, PT Kaltim Methanol, Geronimo FM, dan Virtuoso Music Course, serta kontribusi individual pada acara tersebut.

Informasi lebih lanjut follow Instagram Studio Tigadika: @tigadikaproduction